Gerak Melingkar Beraturan

Pada praktikum kelima ini tentang gerak melingkar beraturan yang bertujuan untuk memahami konsep gerak melingkar beraturan, menentukan besarnya gaya yang bekerja pada benda yang berputar, dan menentukan percepatan gravitasiĀ gĀ dengan menggunakan cairan yang berputar.

Alat-alat yang digunakan dalam percobaan ini ialah motor listrik dengan unit pengontrol laju sudut untuk memutar bejana pipih plastik yang berisi air dan tempat untuk benda diikatkan pada tali agar berputar, lalu dinamometer untuk mengukur gaya, lalu stopwatch untuk menghitung periode, laser untuk menentukan benda bergerak stabil pada ketinggian tertentu di tiang berskala, dan alat gaya sentripetal berupa beban yang diikatkan pada tali sehingga ketika berputar, cermin pada poros bisa memantulkan laser ke tiang berskala.

Teori dasar dari praktikum ini adalah dasar teori dari gerak melingkar beraturan dan percepatan gravitasi dalam air yang berputar.

Pada teori gerak melingkar beraturan, benda yang bergerak melingkar beraturan mempunyai besar kecepatan tetap, namun arahnya setiap saat berubah. Percepatan dari benda melingkar beraturan disebut percepatan sentripetal, yaitu percepatan yang mengubah arah dari benda yang bergerak melingkar. Lalu, setiap gaya yang bergerak menuju pusat lintasan lingkaran disebut gaya sentripetal. Namun, terdapat pula gaya fiktif yang melawan gaya sentripetal yaitu gaya sentrifugal yang menjauhi pusat lintasan lingkaran.

Teori dari percepatan gravitasi dalam air yang berputar yaitu gaya sentripetal juga dialami partikel-partikel air dalam bejana pipih yang diputar.

Hasil pengolahan data yang diperoleh setelah praktikum dapat dilihat dari jurnal yang dilampirkan berikut ini:

Jurnal GMB_1Jurnal GMB_3Jurnal GMB_4Jurnal GMB_5Jurnal GMB_6Jurnal GMB_7Jurnal GMB_8

Kesimpulan dari praktikum ini ialah konsep dari gerak melingkar beraturan adalah adanya gaya sentripetal yang menuju ke pusat putaran, adanya gaya fiktif berupa gaya sentrifugal yang menjauhi pusat putaran, dan gaya gravitasi adalah salah satu contoh gaya sentripetal dalam kehidpan sehari-hari.