Makna, Keutamaan, dan Hikmah Hijrah

Arti dari kata hijrah secara umum adalah meninggalkan segala macam bentuk kemaksiatan dan kemungkaran, baik dalam perasaan (hati), perkataan dan perbuatan. Arti secara khusus adalah pindahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam rangka menyelamatkan iman dan Islam serta membangun peradaban baru di tempat baru.

 

Dalam firman Allah SWT menyebutkan :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Baqarah: 218)

“Barang siapa yang berhijrah di jalan Allah niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (An-Nisa: 100)

 

Di antara makna hijrah yang terpenting adalah berukhuwah secara mendalam antara sesama muslim. Karena dari ukhuwah inilah kekuatan baru umat Islam akan terbangun sebagaimana dulu Rasulullah Saw. telah membangun kekuatan masyarakat Islam yang mengagumkan di atas fondasi ukhuwah. Selain itu, terapkanlah hijrah ini ke segala lapangan kehidupan, seperti pindah dari masa lalu yang kurang baik, penuh maksiat ke hari esok yang penuh dengan ketaatan kepada Allah, berhijrah dari kebiasaan bertindak zhalim kepada kebiasaan bertindak adil dalam bermasyarakat, berbisnis dan bernegara.

 

Keutamaan Hijrah:

  • Rezki yang berlimpah di dunia (An-Nisa: 100) (Al-Anfal: 79)
  • Kesalahan dihapus dan dosa diampuni (Ali Imran: 195)
  • Derajatnya ditinggikan oleh Allah (At-Taubah: 20)
  • Kemenangan yang besar (At-Taubah: 20, 100)
  • Tempat kembalinya adalah surga (At-Taubah: 20-22)
  • Mendapatkan ridha dari Allah (At-Taubah: 100)

 

Hikmah dari peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW adalah setiap amal dan tujuan baik yang akan kita lakukan pasti akan banyak cobaan dan tantangannya, namun jika kita bekerja keras, insyaallah akan dimudahkan dan akan datang pertolongan dari Allah SWT. Selain itu, amanah adalah hal yang harus di jaga dan disampaikan, tidak boleh bermain-main dengan amanah yang diberikan kepada kita. Lalu, pentingnya kita untuk menjaga kecintaan pada Allah dan RasulNya, menyehatkan keyakinan kita pada Allah dan tentaraNya yang ada di langit dan bumi. Dan yang terakhir ialah untuk hasil yang berbeda kita harus melakukan yang berbeda, untuk menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan positif yang baru  atau meninggalkan kebiasaan-kebiasaan negatif  yang lama sangatlah diperlukan Hijrah. Demikian pula untuk bisa terus bertumbuh menjadi lebih baik, lebih berkelas, lebih shalih dan lebih bertaqwa pastinya sangatlah diperlukan Hijrah.

 

 
Sumber:

Menghidupkan Makna Hijrah

almanar.co.id/takiyatun-nafs/pelajaran-berharga-dari-peristiwa-hijrah-refleksi-terhadap-konteks-kekinian-bag-5.html

zubairitrainer.com/2013/11/04/5-mutiara-hikmah-hijrah-rasulullah/